Tekno

Cara Menyimpan File Di Google Drive Lewat Android Dan PC

Berbagi file sekarang tak hanya bisa lewat flashdisk, atau perangkat portabel lain. Bahkan, membuatkan jarak jauh kini bisa dilakukan melalui layanan cloud storage, Google Drive contohnya. Yang perlu kamu ketahui hanyalah cara menyimpan file di Google Drive dan membagikannya.

Google Drive menawarkan layanan penyimpanan secara online dengan kapasitas 15 GB per akunnya. Kamu cuma perlu membuat akun di Google Drive dan secara otomatis akan mendapatkan hak penyimpanan tersebut.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Drive selaku media penyimpanan dan membuatkan file?

Miliki Akun Google Drive

Membuat Akun Google Drive Unlimited

Untuk membuat akun di Google Drive, kamu cukup menciptakan akun Google. Karena Google menerapkan one stop service, maka semua layanan Google mampu kau gunakan cuma dengan memakai 1 akun saja, tergolong Google Drive.

Langsung saja masuk ke situs web resminya di https://www.google.com. Kemudian klik tautan “Buat Akun” yang terletak di sebelah kanan atas situs web tersebut.

Isikan saja data yang diminta seakurat mungkin dan tunggu beberapa dikala. Hanya dalam hitungan menit, akun kamu akan telah aktif untuk dipakai.

Setelah mempunyai akun Google Drive, kau dapat mulai menggunakannya sebagai tempat penyimpanan online (cloud storage). Bagusnya, kau mampu mengakses layanan ini dari smartphone, tablet, maupun laptop atau komputer PC.

Cara Menyimpan File di Google Drive dari Laptop

Cara Menyimpan File di Google Drive dari Laptop

Untuk mulai menyimpan file di Gdrive dari laptop, kamu dapat menggunakan 1 dari 2 cara berikut. Yaitu:

  1. Memakai browser untuk membuka dan mengendalikan Google Drive kamu.
  2. Mengakses Google Drive melalui software BackUp and Synchronization dari Google.

Cara pertama tidak membutuhkan instalasi apapun, alasannya adalah kau mampu memakai layanan web based Google Drive. Sedangkan cara kedua membutuhkan kau untuk melaksanakan instalasi software ke komputer kamu.

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Browser

Google Drive Lewat Browser

Untuk mampu mengakses Google Drive melalui browser, kamu mesti membuka akun Google Drive kau terlebih dahulu.

Caranya ketikkan alamat situs http://drive.google.com pada address bar di browser kau dan tekan “Enter”.

Jika browser mendeteksi bahwa kamu pernah dan masih login, kamu akan langsung dibawa ke folder Google Drive kamu. Namun, jika masih belum login, kau akan dibawa ke beranda Google Drive.

Tak perlu bingung, cukup klik tombol “Sign in” atau “Masuk” yang tersedia di pojok kanan atas. Kamu akan diminta memasukkan data login akun Google. Masukkan email dan kata sandi yang diminta, kemudian tekan “next” atau “berikutnya”.

Tunggu beberapa ketika hingga browser memperlihatkan isi dari folder Gdrive kamu. Selain masuk langsung dari halaman drive.google.com, kamu juga bisa masuk ke Gdrive lewat halaman beranda Google.

Pada https://www.google.com, masuk ke akun kamu dengan cara klik “Sign in”atau “Masuk”. Isikan keterangan yang diminta dan klik Sign in. Google akan membawa kamu kembali ke halaman beranda, tetapi dengan akun kau yang telah aktif.

Nah, pada bagian pojok kanan atas, di sebelah foto profil kau, terdapat simbol aplikasi Google berbentukkotak kecil berjumlah 9. Tekan simbol tersebut, maka akan muncul dropdown list. Pilih icon Google Drive untuk membawamu masuk eksklusif ke folder Gdrive kau.

Langkah Menyimpan File

Setelah itu, ikuti tindakan berikut.

  1. Pada bab sebelah kiri atas, tekan tombol (+ Baru) untuk mulai menyertakan file gres.
  2. Akan ada opsi untuk membuat folder gres, mengunggah file atau folder dari komputer, atau membuat file gres di Google Drive eksklusif.
  3. File gres yang mampu ditambahkan berbentukGoogle Docs, Spreadsheet, Slide, Form, Gambar, Maps, Site, Jamboard, dan skrip Google Apps.
  4. Pilih “Unggah File Baru”. Sebuah jendela pop up dari Explorer akan terbuka.
  5. Cari file yang ingin kau simpan di Google Drive dan Klik OK.
  6. Tunggu beberapa saat hingga timbul pesan bahwa file sudah berhasil disertakan.Dan kau sudah sukses menyimpan file di Gdrive.
  7. Jika ingin menambahkan 1 folder sekaligus, pilih opsi “Unggah Folder Baru”, dan kerjakan hal yang serupa dengan sebelumnya.

Kamu mampu menambahkan file jenis apapun dengan ukuran tidak lebih besar dari 2GB untuk akun Gdrive gratis. Jika ingin lebih besar, gunakan akun Google Drive unlimited dengan meng-upgrade akun kamu terlebih dahulu.

Cara Menyimpan File di Google Drive dengan Software Backup

Google Drive dengan Software Backup

Untuk mengakses Google Drive melalui PC, lazimnya orang akan memakai browser. Sebenarnya, Google menawarkan cara yang lebih gampang, ialah dengan software Google Drive Backup and Synchronization.

Dengan memasang software ini pada PC atau laptop kamu, maka apapun pergantian yang kau kerjakan, akan ikut merubah keadaan Gdrive kau. Tentunya ini tetap memerlukan jalan masuk internet untuk melakukan sinkronisasi.

Dengan cara ini, kau cuma perlu melakukan copy paste lazimpada folder Gdrive di PC atau laptop. Dan secara otomatis, Google Drive kau akan melaksanakan penyesuaian atau sinkronisasi selama terhubung ke saluran internet.

Untuk mengunduh software back up and synchronization tersebut, kerjakan langkah berikut.

  1. Pergi ke alamat https://www.google.com/drive/download/ lewat browser kau.
  2. Pilih opsi “Pribadi” yang tepat dengan kebutuhan kamu. Klik tombol “Download” yang tersedia di pilihan tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat hingga timbul perayaan bahwa software berhasil diunduh.
  4. Pergi ke folder “Download” di komputer kau, kemudian cari “Install Back up and Synchronization” yang berekstensi .exe. Klik 2 kali.
  5. Ikuti tutorial instalasi sampai final.
  6. Setelah selesai, kamu dapat mengecek adanya folder tambahan Google Drive di Desktop > Google Drive.
  7. Jika ingin menyimpan sesuatu, tinggal copy dan paste ke file yang ingin kamu simpan ke folder Google Drive di komputer tersebut.

Cara Menyimpan File di Google Drive di Android

Google Drive Android

Jika kamu ingin mengakses Google Drive di Android, kau harus mengunduh terlebih dulu aplikasi Gdrive dari Playstore.

  1. Buka Playstore dan ketikkan Google Drive di kolom pencarian.
  2. Pilih aplikasi Google Drive yang ditampilkan dan tekan tombol “Pasang”.
  3. Tunggu beberapa ketika hingga aplikasi Gdrive sudah ter-install di ponsel pintar atau tablet Android kamu.
  4. Buka aplikasi tersebut dan pilih akun Google yang mau kamu gunakan. Tekan “Next”.
  5. Kamu akan dibawa ke folder Google Drive akun kau. Untuk menyertakan file gres, tap pada simbol (+) yang ada di sebelah kanan bawah.
  6. Ada opsi untuk Folder, Upload, Pindai (dengan kamera), Gdocs, Spreadsheet, dan Gslide. Pilih yang Upload.
  7. Selanjutnya cari file yang akan kamu simpan di Google Drive dari smartphone kamu dan tekan “Unggah”.
  8. Tunggu beberapa waktu sesuai besar ukuran file tersebut. Jika sukses, kamu mampu menemukan file tersebut di folder Google Drive kau.

Demikian cara menyimpan file di Google Drive melalui PC dengan browser atau software, serta menyertakan file di Gdrive melalui aplikasi Android. Semoga bermanfaat.

Show More

Gofar Ahmad

Perintis pertama di situs intip.id. Semoga apa yang saya tuliskan disini bisa bermanfaat buat anda semua juga bisa mengatasi masalah yang sedang kalian temukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker