Tekno

Cara Menyimpan File Di Google Drive Lewat Android Dan PC

Sekarang tidak hanya mungkin untuk berbagi file melalui memori flash atau perangkat portabel lainnya. Bahkan, remote sharing kini bisa dilakukan melalui layanan cloud storage, seperti Google Drive. Anda hanya perlu tahu cara menyimpan file di Google Drive dan membagikannya.

Google Drive menyediakan layanan penyimpanan online, masing-masing akun memiliki kapasitas 15 GB. Anda hanya perlu membuat akun di Google Drive dan secara otomatis akan mendapatkan izin penyimpanan. Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan dan berbagi file?

Miliki Akun Google Drive

Membuat Akun Google Drive Unlimited

Untuk membuat akun di Google Drive, Anda hanya perlu membuat akun Google. Karena Google menerapkan one-stop shop, Anda dapat menggunakan semua layanan Google, termasuk Google Drive, hanya dengan satu akun.

Kunjungi saja situs resminya https://www.google.com. Selanjutnya klik tautan “Buat Akun” yang ada di sudut kanan atas situs web. Isi saja data yang diminta seakurat mungkin dan tunggu beberapa saat. Hanya dalam beberapa menit, akun Anda siap digunakan.

Setelah Anda memiliki akun Google Drive, Anda dapat mulai menggunakannya sebagai penyimpanan online (penyimpanan cloud). Kabar baiknya, Anda bisa mengakses service ini dari  tablet, smartphone, laptop, atau PC.

Cara Menyimpan File di Google Drive Lewat Browser

Google Drive Lewat Browser

Untuk mengakses Google Drive melalui browser, kamu hrus membuka akun Google Drive Anda terlebih dahulu.

Caranya ketikkan alamat situs http://drive.google.com pada address bar di browser Anda dan tekan “Enter”.

Jika kamu masih dalam keadaan login pada browser anda, Anda akan langsung beralih ke folder Google Drive kamu. Namun, jika masih belum login, Anda akan dibawa ke beranda Google Drive.

Cukup klik tombol “Login” atau “Login” di pojok kanan atas. Anda akan diminta untuk memasukkan data login akun Google Anda. Masukkan email dan kata sandi yang diperlukan, lalu tekan “Berikutnya” atau “Berikutnya”.

Tunggu hingga browser menampilkan isi folder Gdrive.

Google akan membawa Anda kembali ke beranda, tetapi akan menampilkan akun aktif Anda. Nah, di pojok kanan atas, di sebelah foto profil Anda, terdapat simbol aplikasi Google berbentuk 9 berbentuk kotak kecil. Tekan simbol dan daftar drop-down akan muncul. Memilih ikon Google Drive akan membawa Anda langsung ke folder Gdrive.

Langkah Menyimpan File

Setelah itu, ikuti tindakan berikut.

  1. Pada bab sebelah kiri atas, tekan tombol (+ Baru) untuk mulai menyertakan file gres.
  2. Akan ada opsi untuk membuat folder gres, mengunggah file atau folder dari komputer, atau membuat file gres di Google Drive eksklusif.
  3. File gres yang mampu ditambahkan berbentukGoogle Docs, Spreadsheet, Slide, Form, Gambar, Maps, Site, Jamboard, dan skrip Google Apps.
  4. Pilih “Unggah File Baru”. Sebuah jendela pop up dari Explorer akan terbuka.
  5. Cari file yang ingin Anda simpan di Google Drive dan Klik OK.
  6. Tunggu beberapa saat hingga timbul pesan bahwa file sudah berhasil disertakan.Dan Anda sudah sukses menyimpan file di Gdrive.
  7. Untuk mengupload 1 folder sekaligus klik “Unggah Folder Baru”.

Kamu mampu menambahkan file jenis apapun dengan ukuran tidak lebih besar dari 2GB untuk akun Gdrive gratis. Jika ingin memiliki kapasitas yang lebih besar, gunakan akun Google Drive unlimited dengan meng-upgrade akun kamu Google Drive kamu terlebih dahulu.

Cara Upload File di Google Drive menggunakan Software Backup

Google Drive dengan Software Backup

Untuk mengakses Google Drive melalui PC, orang biasanya menggunakan browser. Bahkan, Google menyediakan cara yang lebih sederhana, yaitu dengan menggunakan software Google Drive Backup and Synchronization. Dengan menginstal software ini di PC atau laptop Anda, setiap perubahan yang Anda lakukan akan mengubah status Gdrive.

Tentu saja, ini masih membutuhkan akses Internet untuk melakukan sinkronisasi. Dengan cara ini, Anda hanya perlu menyalin dan menempel secara normal di folder Gdrive di PC atau laptop Anda.

Selama Anda terhubung ke Internet, Google Drive Anda akan menyesuaikan atau menyinkronkan secara otomatis. Untuk mengunduh perangkat lunak pencadangan dan sinkronisasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pergi ke alamat https://www.google.com/drive/download/ lewat browser Anda.
  2. Pilih opsi “Pribadi” yang tepat dengan kebutuhan kamu. Klik tombol “Download” yang tersedia di pilihan tersebut.
  3. Tunggu beberapa saat hingga timbul perayaan bahwa software berhasil diunduh.
  4. Buka folder download pada pc anda, selanjutnya cari “Install Back up and Synchronization” yang berekstensi .exe. Kemudian install.
  5. Ikuti tutorial instalasi sampai final.
  6. Setelah berhasil, kamu bisa mengecek folder tambahan yang ada di Google Drive di Desktop > Google Drive.
  7. Jika ingin menyimpan file, tinggal copy dan paste ke file yang ingin kamu simpan ke folder Google Drive di komputer anda.

Cara Menyimpan File di Google Drive di Android

Google Drive Android

Jika Anda ingin mengakses Google Drive di Android, Anda harus mengunduh terlebih dulu aplikasi Gdrive dari Playstore.

  1. Buka Playstore dan cari Google Drive di pencarian.
  2. Pilih aplikasi Google Drive yang ditampilkan dan tekan tombol “Pasang”.
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi Gdrive sudah benar-benar ter-install di smartphone atau tablet Android Anda.
  4. Buka aplikasi dan pilih akun Google yang ingin kamu gunakan. Tekan “Next”.
  5. Kamu akan dibawa ke folder Google Drive akun Anda. Untuk menyertakan file gres, tap pada simbol (+) yang ada di sebelah kanan bawah.
  6. Langkah selanjutnya adalah mencari file yang akan Anda simpan di Google Drive dari smartphone dan tekan “Unggah”.
  7. Tunggu beberapa waktu sesuai besar ukuran file tersebut. Jika berhasil, kamu akan menemukan file anda di folder Google Drive.

Ini adalah cara menyimpan file di Google Drive melalui PC dengan browser atau software, dan memasukkan file di Gdrive melalui aplikasi Android. Semoga bermanfaat.

Show More

Gofar Ahmad

Perintis pertama di situs intip.id. Semoga apa yang saya tuliskan disini bisa bermanfaat buat anda semua juga bisa mengatasi masalah yang sedang kalian temukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker